Wanita Lebih Percaya Internet dari Dokter

Bila mengalami gangguan kesehatan atau gejala penyakit, umumnya orang akan langsung berkonsultasi ke dokter. Namun sebuah survei terbaru menemukan, satu dari empat wanita di Inggris memutuskan untuk mendiagnosis penyakit sendiri lewat teknologi internet ketimbang memeriksakan diri ke dokter.

Para ilmuwan, yang melakukan survei tersebut menyebutkan diagnosis yang salah menyebabkan pembelian obat yang tak sesuai, berbahaya serta menyebabkan efek samping yang merugikan.

Survei juga menemukan, wanita mengalami ‘cerdas medis’ lebih sering daripada pria, sehingga berani mengobati diri sendiri. Namun, banyak yang akhirnya mendatangi dokter spesialis dengan keluhan berlipat. Bukan hanya untuk mengobati penyakit awal, namun konsekuensi dari pengobatan mandiri.

Mengutip GeniusBeauty, satu dari 10 wanita tak pernah mendiskusikan masalah kesehatan mereka dengan keluarga karena tidak ingin ada keributan. Satu dari tiga wanita mencari sendiri penyakit yang diderita tanpa bantuan medis serta menunggu setidaknya satu tahun sambil berharap masalah kesehatan mereka akan menghilang.

Beberapa penyakit yang sering coba diobati sendiri, menurut responden meliputi gangguan tidur, sakit kepala, depresi, nyeri otot, gatal, dan kelelahan.

Sementara satu dari lima responden dicurigai memiliki penyakit serius seperti kanker payudara namun tidak mendatangi pusat medis untuk diagnosis. Sementara banyak pasien yang tak dapat mendiagnosis infeksi jamur, tekanan darah tinggi, dan asma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s