Tingkat IQ Pengaruhi Kecemasan Seseorang

Sebuah penelitian terbaru menemukan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dan tingkat IQ. Kecemasan yang berlebih itu tak selamanya buruk, karena kecemasan dalam diri seseorang mungkin tumbuh dengan seiringnya intelegensi.

Penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang memiliki masalah dalam mengatasi kecemasan ini menunjukkan bahwa IQ yang tinggi dikaitkan dengan tingkat kecemasan yang tinggi, seperti yang ditulis dalam My Health News Daily.

Bahkan jika dibandingkan orang sehat umumnya, mereka yang memiliki gangguan kecemasan cenderung memiliki skor IQ lebih tinggi serta tingkat aktivitas yang lebih tinggi di daerah otak, yang membantu dalam komunikasi antara bagian otak.

Penelitian melibatkan 26 pasien dengan gangguan kecemasan dan 18 orang sehat. Diperintahkan untuk menyelesaikan tes IQ dan kuesioner untuk mengetahui tingkat kecemasan mereka. Ternyata hasil yang didapatkan pada orang yang sehat berbanding terbalik dengan apa yang didapatkan dari penelitian pada pasien yang mengalami gangguan kecemasan.

Menariknya, hasil berbeda justru ditunjukkan pada pasien sehat. Mereka yang memiliki skor IQ lebih tinggi cenderung memiliki tingkat kekhawatiran yang lebih rendah, dan mereka yang memiliki skor IQ rendah cenderung memiliki tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi.

Menurut Dr Jeremy Colpan, peneliti dan profesor bidang psikiatri di State University of New York Downstate Medical Center, memiliki tingkat kecemasan yang rendah juga bisa berbahaya bagi seseorang. Mereka tidak akan dapat melihat ancaman yang hadir di depan mereka.

Iklan
By fuid Posted in Karir

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s