Kenali Faktor Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu pembunuh nomor satu kaum hawa di seluruh dunia. Sayangnya, sebagian penderita kanker ini baru berkonsultasi setelah melewati stadium lanjut. Umumnya baru memeriksakan diri saat kanker masuk stadium III.

Dari seluruh negara yang ada di dunia, Indonesia adalah negara dengan peringkat pertama dengan yang penduduknya memiliki kanker payudara. Menurut data yang diperoleh dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) menunjukkan terdapat 8.227 kasus kanker payudara yang menyerang wanita per tahunnya.

Menurut Dr Diani Kartini, SpB(K)Onk, ada beberapa risiko seseorang dapat terserang  kanker payudara, yaitu :

1. Faktor Personal

Jenis Kelamin
Wanita cenderung memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker payudara dibanding pria (100:1). Hal ini dikarenakan perubahan hormon estorgen dan progesteron dalam tubuh.

Umur
Pada umumnya kanker payudara akan menyerang wanita setelah empat dekade kehidupannya atau sekitar usia 40-60 tahun, setelah menopause. Tapi tak menutup kemungkinan Anda yang berusia 30an  bisa terserang penyakit ini. Hal ini dapat terjadi karena pola hidup yang tak sehat.

Riwayat Keturunan
Selain diabetes, asma, ada penyakit lain dengan riwayat penyakit turunan, yaitu kanker. Orang memiliki riwayat penyakit ini di keluarganya, maka kemungkinan akan terserang kanker akan meningkat 1,5 hingga 3 kali lipat.

2. Faktor Endokrin

Ini adalah faktor hormonal, dan kanker payudara dapat saja terjadi karena beberapa hal. Misalnya masa menarkhe, adalah masa menstruasi pertama, kehamilan pertama pada usia diatas 30 tahun, dan menopause pada umur lebih tua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s