Permen Karet Pengaruhi Memori Jangka Pendek

 Harus tetap waspada dalam beberapa menit ke depan karena akan membawakan sebuah presentasi penting? Jauhkan keinginan untuk mengunyah permen karet, meski beralasan permen karet akan mengurangi stres.

Itulah kesimpulan yang sebuah penelitian NutraIngredients yang dipublikasikan Quarterly Journal of Experimental Psychology. Studi menunjukkan makan permen karet dapat merusak memori jangka pendek. Hasil ini bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya yang menemukan permen karet meningkatkan risiko kehilangan memori jangka pendek.

Peneliti dari Cardiff University di Inggris meminta 40 mahasiswa untuk menghafal urutan huruf acak–misalnya, P, V, B, C, D, G, T– sambil mengunyah permen karet.

Sebuah kelompok kedua kemudian diminta melakukan hal yang sama, tapi diperintahkan untuk mengunyah secara alami. Pada uji ketiga, peserta diminta untuk menemukan huruf yang hilang dalam urutan acak sambil mengunyah permen karet.

Hasil studi menemukan, makan permen karet di semua situasi menyebabkan gangguan memori jangka pendek semua peserta. Temuan yang sama juga terjadi saat permen karet digantikan dengan menggigiti jari.

Namun, para peneliti memeringatkan bahwa permen karet dengan rasa tertentu mungkin dapat menghapus dampak negatif gangguan memori.

Studi lainnya menunjukkan mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi asupan kalori sepanjang hari dengan keinginan mengemil. Hal ini dikuatkan dengan temuan mengunyah permen karet membantu pasien yang dioperasi akibat gangguan pencernaan pulih lebih cepat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s