Lima Langkah Sehat di Depan Komputer

 Komputer merupakan bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari. Meski kita mengetahui berlama-lama di depan komputer tidak baik untuk kesehatan,  tetapi kita tetap tak bisa meninggalkannya. Hampir seharian kita di depannya untuk menyelesaikan semua tugas kerjaan.

Beberapa resiko yang ditimbulkan dari penggunaan komputer diantaranya gangguan mata, nyeri punggung, sakit pinggang dan  sakit leher. Nah, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tip yang harus dieperhatikan, seperti yang ada dalam Boldsky.

Exercise
Salah satu cara untuk menghindari gangguan kesehatan ini yaitu dengan cara exercise. Cara ini mungkin dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk keluar. Gerakan ini dapat Anda lakukan di depan meja kerja, seperti memutar leher dengan searah dan berlawanan jarum jam, regangkan jemari tangan dan kaki,  semua gerakan ini dapat menghindari Anda dari rasa kram.

Jalan santai
Sebagian besar waktu yang dimiliki hampir terkuras oleh tekanan pekerjaan. Jadi , ujung dari kesehatan yang baik adalah Anda dapat berjalan santai di sore atau pagi hari. Jalan dengan waktu 10 menit ini dapat Anda lakukan di sekitar area kantor, dengan begitu tidak akan mengganggu jam kerja. Selain untuk menghindari sakit pinggang, jalan santai ini juga dapat mencegah kenaikan berat badan.

Posisi duduk
Posisi duduk yang tidak tepat akan membuat Anda terkena resiko sakit pungggung. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan membungkuk saat di depan computer.  Posisi baik saat di depan komputer adalah jaga jarak mata, usahakan bahu tetap rileks dan istirahatkan jemari Anda sesaat usai mengetik.

Konsumsi makanan yang tepat
Jika Anda berpikir hanya pekerjaan fisik yang dapat membuat Anda merasa lapa, Anda salah. Pekerjaan mental justru akan membuat Anda muda terasa lapar. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat bukan junk food saat bekerja. Iringi dengan kegiatan berjalan sejenak usai bersantap untuk melancarkan sistem metabolisme.

Mata butuh istirahat
Hal yang paling berpotensi terserang rasa sakit sebelum pinggang dan leher adalah mata. Mata yang berhubungan langsung di depan computer akan terkena dampak sinar radiasi. Rilekskan mata Anda sejenak, dengan memejamkannya, kemudian gosokan dua telapak tangan dan letakan pada kelopak mata yang terpejam. Tahan posisi ini selama 15 menut, dengan begitu mata Anda akan merasa nyaman dan rilkes saat bekerja. Mata pun tak akan mudah lelah.

Selamat mencoba!

Iklan
By fuid Posted in Karir

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s