6 Makanan Pemicu Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya terjadi karena adanya gejala ketidakseimbangan antara fisik dan mental, misalnya stres dan kelelahan. Ada beberapa makanan yang dapat meredakan sakit kepala Anda. Tapi ada pula jenis makanan lain yang memicu timbulnya sakit kepala.

Ini enam makanan pemicu sakit kepala seperti dilansir dari Healthmeup:

1. Keju tua

Keju jenis ini memiliki kandungan susu dan protein yang tinggi karena merupakan komponen yang penting bagi keju. Pada saat protein telah menyatu dengan tubuh Anda, maka akan memproduksi tiramin.

Tiramin adalah zat yang memiliki efek menyempitkan pembuluh darah, hingga dapat menyebabkan lambatnya aliran atau sirkulasi darah ke otak. Jadi, pastikan jika Anda mengonsumsi keju ini dengan jumlah yang benar.

2. Minuman Beralkohol

Alkohol memiliki kecenderungan membuat kepala menjadi berat dan pusing, hal ini dikarenakan alkohol dapat menipiskan darah. Jika Anda ingin mengonsumsi alkohol, sebaiknya minumlah dengan jumlah atau takaran yang wajar. Hindari mencampurkan alkohol dengan minuman lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda sakit kepala selama beberapa hari.

3. Makanan yang Mengandung Zat Pewarna

Pewarna makanan sering hadir dalam setiap sajian makanan penutup, makanan olahan dan makanan kaleng ternyata mampu menimbulkan reaksi alergi atau sakit kepala. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumi makanan yang masih segar dan sebisa mungkin hindari makanan olahan.

4. Cokelat

Selain memiliki berbagai macam manfaat, ternyata cokelat juga dapat memicu sakit kepala Anda. Ketika Anda mengonsumsi kakao meski dalam jumlah kecil, maka kemungkinan Anda akan mengalami sakit kepala dan sinus.

Cokelat memiliki kandungan phenylethylamine dan theobromine yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

5. Kopi

Dengan berbagai alasan, pada beberapa orang kopi merupakan minuman yang paling sering diseruput di pagi hari, karena dapat menghilangkan sakit kepala yang sedang melanda mereka. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ketika dicampurkan dengan magnesium akan memicu sakit kepala.


6. Junk Food

Komponen utama dalam makanan cepat saji atau junk food adalah monosodium glutamat. Zat yang terkandung dalam makanan tersebut biasanya terdapat pada makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan lainnya. Butuh waktu yang lama untuk mencerna jenis makanan ini, sesekali secara tiba-tiba darah mengalir ke otak kemudian menimbulkan sakit kepala.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s