Redam Investor Kecewa, Nokia Janjikan Tablet

Chairman Nokia Jorma Ollila menjanjikan sejumlah produk baru untuk kembali menyenangkan investor. Janji ini diucapkan Jorma dalam pertemuan dengan para pemegang saham.

Dalam wawancara yang dimuat Financial Times, Jorma mengatakan perusahaan asal Finlandia ini akan meluncurkan sejumlah tablet dan perangkat “hybrid” yang cerdas. Tapi tidak disebutkan kapan Nokia akan meluncurkan produk-produk itu.

Jorma Ollila yang akan mundur dari perusahaan setelah 27 tahun mengabdi, mengatakan Nokia bergerak lambat di awal revolusi smartphone. Tapi kombinasi produk-produk baru dan layanan ala Nokia akan membantu mengejar ketertinggalan.

Mengutip Reuters, Nokia diprediksi akan memperkenalkan tablet pertamanya sebelum tahun berganti. Peluncuran tablet Nokia diperkirakan akan dilakukan saat sistem operasi Windows 8 dari Microsoft sudah tersedia.

“Takdir Nokia di tablet secara langsung terkait dengan Microsoft, yang juga harus sukses di bidang ini,” kata analis Pohjola, Hannu Rauhala, dikutip dari Reuters.

Nokia memang dianggap telah kalah bersaing dengan Apple dan Google di bisnis smartphone. Karena itu Nokia pun kemudian berharap kesuksesan seri Lumia, produk berbasis Windows Phone, sebagai bagian dari kerja sama Nokia dengan Microsoft.

Jorma Ollila sendiri pernah dianggap berjasa bak pahlawan nasional Finlandia setelah mengantarkan Nokia menjadi produsen ponsel nomor wahid. Tapi sejumlah kritik kemudian diarahkan ke Jorma yang dinilai meremehkan perkembangan smartphone.

Jorma sendiri masih terkesan menyepelekan smartphone dan malah fokus ke tablet. “Tablet adalah satu hal penting yang sedang kami lihat, dan akan ada hibrida berbeda, berbeda dengan faktor bentuk di masa depan,” ujar Jorma Ollila.

Nokia sendiri kini dikudeta Samsung sebagai raja produsen ponsel. Ini juga yang akan dipertanyakan investor dalam pertemuan nanti.

Usai pertemuan dengan para pemegang saham, Jorma Ollila akan berhenti sebagai Chairman Nokia dan akan diganti oleh Risto Siilasmaa. Dalam sebuah polling yang dilakukan siaran nasional YLE, sekitar 40 persen analis menyebut kinerja Ollila sebagai Chairman mengecewakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s