22% Orang Amerika Percaya Kiamat Datang 2012

Kiamat sudah dekat. Setidaknya itu yang diyakini sejumlah orang di berbagai belahan dunia. Di Amerika, satu dari empat orang berpikir mereka akan menyaksikan akhir dunia saat masih hidup.

Menurut poling, sebanyak 10 persen orang di penjuru dunia percaya pada kalender suku Maya yang menyebutkan dunia akan kiamat pada 21 Desember 2012.

Ipsos Global Public Affairs menggelar poling mewakili kantor berita Reuters.

“Baik mereka berpikir dunia akan berakhir melalui kekuasaan Tuhan, atau bencana, atau peristiwa politik, atau apapun, satu dan tujuh orang berpikir akhir dunia akan terjadi,” ujar manajer Ipsos, Keren  Gottfried.

Karen memprediksi sorotan media massa atas sabda suku Maya menimbulkan pemikiran ini.

Ipsos menggelar survei kepada 16.262 orang di lebih dari 20 negara. Pendapat mengenai kiamat ini pun beragam.

Orang Perancis lebih santai menghadapi isu kiamat. Hanya 6 persen saja yang percaya kiamat akan datang. Kontras dengan Amerika Serikat dan Turki yang mencapai 22 persen.

Di Inggris, 8 persen orang takut menghadapi kiamat apabila terjadi saat mereka masih hidup. Secara global, sekitar 10 orang takut tidak bisa bertemu di tahun 2013. Rusia dan Polandia merasakan ketakutan yang paling besar. Sementara hanya beberapa penduduk Inggris yang khawatir.

Sebagian besar orang dengan pendidikan dan pendapatan lebih rendah percaya kiamat segera tiba pada 2012. Begitu pula dengan responden berusia di bawah 35 tahun.

“Mungkin orang yang lebih tua telah hidup lebih lama sehingga tidak terlalu khawatir terhadap kejadian masa depan,” ujar Gottfried seperti dikutip dari laman Dailymail.co.uk.

Survei ini menjangkau penduduk Indonesia. Cina, Turki, Rusia, Meksico, Korea Selatan, Jepang, AS, Argentina, Hunggaria, Polandia, Swedia, Perancis, Spanyol, Belgia, Kanada, Australia, Italia, Afrika Selatan, Inggris, dan Jerman juga menjadi negara yang ambil bagian sebagai responden survei.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s