Dibandingkan Mainan, Anak Lebih Suka Hewan

Manusia memiliki hubungan alamiah dengan satwa liar, bahkan ketertarikan dengan hewan sudah dimulai sejak dini. Faktanya, anak pun ternyata lebih memilih bermain dengan hewan ketimbang dengan boneka dan mainan mereka.

Hal tersebut merupakan hasil penelitian tim dari Rutgers University dan University of Virginia, Amerika Serikat. Mereka melakukan beberapa eksperimen yang melibatkan anak-anak berusia antara 11 bulan sampai tiga tahun.

Pertama-tama, anak-anak diberikan hamster dalam sangkar dan ikan dalam tangki bersama dengan 14 mainan kecil termasuk mobil polisi, boneka dan blok. Mereka diamati bersama orangtuanya di dalam ruangan.

Lalu, anak-anak diberikan empat mainan yang paling populer, boneka, pesawat terbang, hamster, ikan, tarantula, dan ular California Mountain King. Semua hewan dikurung dan anak-anak tidak bisa menyentuhnya.

Pada percobaan ketiga, anak-anak dimasukkan ke dalam sebuah ruangan dengan tiga hewan hidup. Seperti tokek hijau, hamster, dan ikan, serta replika mainan hewan. Dalam ketiga eksperimen tersebut, anak-anak lebih sering berinteraksi dan membicarakan hewan daripada mainan.

“Fakta bahwa anak-anak menganggap hewan begitu menarik menunjukkan bahwa mereka dapat mengambil manfaat dari memiliki hewan peliharaan,” kata salah satu peneliti, Vanessa LoBue, dikutip dari Telegraph.

Menurut LoBue, hewan dapat menjadi instrumen yang baik untuk belajar. Meluasnya penggunaan karakter hewan di buku anak-anak dan program televisi memang dapat menjadi cara untuk mendekatkan anak kepada hewan. Namun LoBue menyarankan untuk memperkenalkan hewan secara langsung.

“Jika Anda mencoba untuk mengajarkan buah hati sesuatu tentang biologi, mereka mungkin lebih tertarik jika dijelaskan menggunakan hewan secara langsung, bukan buku,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s