8 Trik Hindari Makan Malam Saat Diet

Salah satu cara termudah menyusutkan lemak tubuh adalah membatasi asupan makan di malam hari. Menurut ahli gizi, menghindari makan berat selepas pukul 18.00 atau maksimal tiga jam sebelum waktu tidur malam sanggup mempercepat pembakaran lemak.

Tetapi, hampir semua orang mengetahui menghindari makan malam adalah hal yang sangat sulit. Terutama saat menjalani hari sibuk atau terpaksa melewatkan makan siang. Makan malam bisa menjadi ajang balas dendam dan makan berlebihan.

Tapi ada cara sederhana dan berguna untuk mengelabui nafsu makan Anda di malam hari atau saat cuaca dingin dengan nafsu makan menggila.

1. Makan sup berkaldu

Makanlah sup di malam hari, termasuk kuah kaldunya. Makanan ini akan cepat mengisi perut dan mencegah makan secara berlebihan.

Kaldu dalam sup menunda serangan kelaparan berikutnya untuk waktu yang lama. Tapi, jangan masukkan bumbu tajam atau pedas dalam sup, karena mereka merangsang timbulnya nafsu makan.

2. Makan camilan ringan seperti buah

Makanlah yogurt atau apel. Saat makan apel, pastikan juga makan semua bijinya. Biji dari satu buah apel mengandung yodium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Yodium berfungsi mengurangi dorongan untuk makan.

3. Minum sebelum tidur

Segelas air hangat dengan sepotong jeruk lemon atau jus tomat akan memuaskan lapar selama beberapa jam.

4. Kolak buah ara dan plum

Kolak buah ara dan plum bermanfaat bagi tubuh dan mengecoh nafsu makan. Tuangkan tiga liter air dengan setengah kilo plum atau ara dan didihkan hingga menjadi 2,5 liter. Secangkir kolak cukup mengganjal perut setidaknya selama satu jam.

5. Makan Susu Bubuk

Lapar tak tertahankan? Sesendok kecil susu kering bubuk tanpa lemak akan menyelamatkan Anda kelaparan di tengah malam.

6. Kacang Hijau dan Kentang

Rasa kenyang bisa dipertahankan untuk waktu yang lama dengan asupan secangkir bubur kacang hijau atau dua kentang berukuran sedang yang dimakan bersama kulitnya.

7. Ambil Air Hangat

Mandi air panas memberi rasa rileks, membuat perasaan cepat mengantuk sekaligus menekan nafsu makan. Lebih baik lagi jika Anda memasukkan beberapa tetes minyak esensial dalam bak mandi. Minyak esensial jeruk, lemon, dan buah-buahan membantu mengelabui perut yang lapar.

8. Aktivitas fisik menekan nafsu makan

Berjalan atau berolahraga sebelum tidur mampu menekan rasa lapar dengan sangat baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s